“BIT Payroll” adalah sistem perhitungan gaji yang dibuat khusus (custom) untuk perusahaan yang memiliki karyawan banyak, dengan variasi jam kerja (shift) dan juga menerapkan sistem rolling (kalender kerja yang tidak tetap), cocok digunakan pada industri atau pabrik (manufaktur).

Sistem payroll ini sudah mencakup semua unsur yang umumnya berlaku di perusahaan manufaktur, serta dibuat khusus (custom) berdasarkan kondisi dan peraturan penggajian pada perusahaan.

Kelebihan BIT Payroll adalah karena sistem ini dibuat secara custom, tidak sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, dibuat berdasarkan kondisi dan peraturan pada perusahaan, atau berdasarkan permintaan perusahaan. Selain itu, biaya penggunaan BIT Payroll dikenakan secara bulanan sehingga tidak membebani perusahaan. Kami hanya membebankan sedikit biaya development di awal implementasi, selanjutnya perusahaan hanya membayar biaya bulanan yang ringan selama sistem digunakan, yang merupakan biaya untuk maintenance dan troubleshooting.

BIT Payroll bisa dipasang pada LAN perusahaan, bersifat client-server, di mana user (bagian Payroll) hanya memiliki client application (tidak mengandung data) sedangkan data disimpan di suatu tempat dalam LAN (komputer server). Selain itu, tersedia opsi penyimpanan di Cloud, di mana aplikasi dan data disimpan di Cloud, user tinggal logon ke Cloud dan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia (biaya layanan Cloud terpisah).

Mengapa Menggunakan BIT Payroll

  • Alasan utama menggunakan BIT Payroll adalah karena sistem perhitungan gaji ini dibuat berdasarkan aturan dari perusahaan (custom), termasuk semua unsur gaji dan perlakuannya. Kami sudah memiliki “template” berdasarkan pengalaman implementasi di perusahaan-perusahaan sebelumnya, yang bisa digunakan atau dimodifikasi sesuai kebutuhan.
  • BIT Payroll menggunakan teknologi atau produk Microsoft sehingga sudah familiar, mudah digunakan, dan elegan.
  • BIT Payroll lengkap, memiliki semua komponen yang umum diperlukan di dalam sistem payroll perusahaan manufaktur, mulai dari import finger print (attendance), kalendar kerja, shifting (jadwal jam kerja), ijin dan cuti, overtime, PPh 21 karyawan, BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, dan lain-lain. Termasuk pula input berbagai addition, deduction, koperasi, iuran SP, THR, Bonus, Pesangon, Rapel, koreksi, dsb.
  • BIT Payroll “murah”, hanya dikenakan sedikit biaya development di awal implementasi, dan selanjutnya hanya biaya bulanan yang ringan untuk maintenance dan troubleshooting.

Bagaimana Implementasi BIT Payroll

  • Setelah persetujuan implementasi / SPK dari management, kami akan mengumpulkan bahan-bahan pada perusahaan seperti: struktur organisasi, database karyawan, unsur-unsur gaji, aturan perhitungan gaji, format Payslip dan laporan-laporan yang diperlukan, dll.
  • Pengembangan aplikasi dan database (development).
  • Pemasangan aplikasi dan database (pada komputer user dan server, atau pada Cloud).
  • User training dan test.
  • Pelaksanaan payroll menggunakan aplikasi (Go Live).
  • Maintenance / troubleshooting (rutin setelah implementasi).

SETTINGS & MASTER DATA disiapkan di awal implementasi (bisa diubah jika perlu). Selanjutnya proses yang rutin (setiap bulan) adalah: menginput cuti/ijin, dan SPL, mengimpor/input data attendance, input unsur potongan dan tambahan, lalu lakukan PROSES. Semua laporan otomatis tersedia.

Tangkapan Layar

Untuk memberikan ilustrasi tentang BIT Payroll sehingga lebih mudah dipahami, berikut ini kami sajikan beberapa tangkapan layar aplikasi. Adapun data yang ditampilkan adalah data fiktif untuk keperluan ilustrasi belaka.

Aplikasi gaji payroll pabrik

User Login untuk membatasi akses user pada lokasi pabrik tertentu, dengan hak (permission) yang bisa diatur sesuai tugas dan fungsi masing-masing. User bisa diberi hak akses ke banyak lokasi (misalnya untuk manager), dan bisa cross-location (bisa memilih-milih lokasi yang ingin dilihat). Tampilan gambar dan warna juga bisa dipilih.

Tampilan menu juga sangat fleksibel sehingga memudahkan user untuk mengakses menu yang diinginkan. Menu “utama” yang sering digunakan telah ditandai dengan simbol angka (hanya 3 menu), selebihnya bersifat opsional dan dipakai jika diperlukan saja.

Ilustrasi dan Penjelasan Menu

Berikut ini gambaran menu aplikasi dan penjelasan singkatnya (subject to change):

MenuKeterangan
► SETTINGS 
Organizational structureStruktur organisasi, terdiri dari Lokasi, Department, Section, dan Line
Job Title / PositionDaftar Job Title / Jabatan / Posisi karyawan
Working Hours / Shift ManagementPengaturan shift / jam kerja shift
Leave & Permit TypeJenis cuti dan ijin
Tax RelatedKetentuan dan tarif pajak penghasilan karyawan
Salary ShemeSkema unsur-unsur gaji berbagai level karyawan
General OptionsParameter-parameter umum dalam penggajian
 
► MASTER DATA 
Employee DatabaseDatabase karyawan
Salary ComponentsDaftar unsur gaji individual karyawan, sehingga fleksibel menentukan tarif yang berlaku (based on salary scheme)
List of HolidayDaftar hari libur yang otomatis akan diberlakukan pada absensi karyawan
Leave BalanceSaldo cuti karyawan (bertambah jika ada cuti yang eligible dan berkurang jika karyawan mengambil cuti)
Working GroupKelompok kerja karyawan, untuk mengatur jadwal / kalender kerja (rolling)
Working Group CalendarKalender kerja kelompok karyawan, bisa ditetapkan terlebih dahulu dan otomatis akan berlaku pada kehadiran/absensi
 
① PAYROLL CONTROLMenu utama untuk mengatur payroll dan lock data
► ATTENDANCE 
> Input Leave and PermitInput permintaan cuti dan ijin terlebih dahulu dan otomatis berlaku ketika menarik data absensi/finger
> Input Overtime SlipInput SPL yang otomatis akan berlaku ketika menarik data absensi/finger (tanpa SPL tidak dihitung lembur, namun bisa diatur juga langsung pada data attendance)
② ATTENDANCE MANAGEMENTMenu utama untuk mengelola data attendance, termasuk mengimport data finger, mengatur status kehadiran, mengatur overtime, mengunci data, dan lain-lain.
 
► PAYROLL INPUT 
> Additions: 
Input SeveranceInput pesangon (jika ada)
Input THRInput THR (jika ada)
Input BonusInput Bonus (jika ada)
Input Other AdditionInput tambahan lain (jika ada, termasuk Rapel)
> Deductions: 
Cooperative Deduction ListInput potongan koperasi (jika ada)
Insurance Deduction ListInput potongan asuransi (jika ada)
Loan Deduction ListInput potongan pinjaman (jika ada)
Other Deduction ListInput potongan lain (jika ada)
> Others: 
Input CorrectionInput koreksi gaji bulan lalu (jika ada)
Zakat/Religious DonationsInput zakat atau donasi keagamaan (jika ada)
 
③ PAYROLL PROCESSINGMenu utama untuk melakukan proses perhitungan gaji (bisa dilakukan berulang-ulang, dan jika sudah final bisa lock data agar dijadikan dasar pembayaran gaji).
 
► REPORTS 
Salary RecapitulationRekapitulasi pembayaran gaji
Payment List & Pay SlipDaftar pembayaran gaji dan pencetakan slip gaji
Bank Transfer ListDaftar transfer (untuk dikirim ke bank)
 
Employee Income TaxLaporan PPh ps. 21 karyawan
BPJS HealthcareLaporan BPJS Kesehatan
BPJS of EmploymentLaporan BPJS Ketenagakerjaan
 
► S Y S T E M 
User ListMengelola user (pemakai program)
User GroupMengelola kelompok user / mengatur hak user
 
Retrieve Finger DataMenarik data finger dari database mesin finger
Susunan menu / komponen payroll bisa disesuaikan dengan kondisi/permintaan perusahaan. Demikian juga jenis/format laporan akan desesuikan dengan kebutuhan/permintaan perusahaan.

.

Aplikasi gaji payroll pabrik

Fleksibel mengatur jam kerja shift, bisa normal shift (jam kerja normal), shift 1, shift 2, shift 3, long shift, jam kerja bulan puasa, dan sebagainya.

Aplikasi gaji payroll pabrik

Sudah menggunakan aturan pajak terbaru (menggunakan sistem TER) yang berlaku mulai tahun 2024.

Aplikasi gaji payroll pabrik

Parameter-parameter umum.

Aplikasi gaji payroll pabrik

Leluasa mengelola database karyawan.

Aplikasi gaji payroll pabrik

Leluasa mengelola data attendance, bisa langsung print Time card per karyawan atau seluruh karyawan, bisa ekspor ke Excel, atau disimpan dalam PDF.

Aplikasi gaji payroll pabrik

View Attendance Recap bisa melihat jumlah kehadiran dan ketidakhadiran karyawan (range tanggal).

Aplikasi gaji payroll pabrik

View Attendance Matrix, bisa melihat matrix kehadiran karyawan (range tanggal): P = Present, L = Leave, S = Sick dll.

Aplikasi gaji payroll pabrik

View Employee Count, bisa melihat pergerakan jumlah karyawan secara harian (range tanggal). No Finger = karyawan tidak masuk / hari libur.

Harganya Berapa?

Seperti telah kami sampaikan, kami hanya akan membebankan sedikit biaya development untuk mengkustom aplikasi sesuai permintaan anda, dan biaya bulanan yang ringan untuk maintenance dan troubleshooting (kontrak tahunan, bayar bisa bulanan). Biaya-biaya ini memang subject to change sesuai hasil kesepakatan kita nanti (misalnya seberapa banyak kustomasi yang anda minta, dan apa saja layanan yang anda butuhkan). Namun sebagai perkiraan, biaya development hanya Rp 38,5 juta (50% dibayar ketika SPK, dan 50% dibayar setelah implementasi), dan biaya bulanan hanya Rp 12,5 juta / bulan (sangat ringan karena termasuk maintenance/update dan troubleshooting).

Hubungi Kami Sekarang

Jika ada pertanyaan, silahkan kontak kami via chat WA sekarang, ke: 0822 6001 7525

Kita bisa mengatur waktu untuk pertemuan, atau jika anda suka, anda bisa bertanya via chat WA saja, atau melalui online meeting (via zoom, lark, meet).

Kami tunggu…